Wednesday 11 March 2015

Sekilas tentang Headphone Beats Studio by DRE



Apa kabar penikmat audio, kembali saya membagikan informasi seputar audio. Adalah sebuah Headphone Beats Studio, headphone keluaran DRE yang saat ini dibanderol seharga Rp.4.750.000 di situs Bhinneka dot com. Seperti review yang ditulis oleh Virginia Barry di situs Headphone Review dot com. Jika anda ingin menggunakan headphone ini untuk keperluan monitor, mixing dan equalizing di studio anda, headphone ini bukanlah salah satu yang direkomendasikan. Namun jika anda menginginkan sebuah noise canceling headphone dengan bass yang forward dan berpenampilan stylish, Beats Studio bisa jadi pilihan , tentunya diluar pertimbangan harga yang dibanderol.

Tampilan - Beats Studio ini memiliki tampilan yang begitu modis dan apik, sangat menarik perhatian, itulah kenapa anda harus membayar lebih mahal, ya Beats Studio ini bisa dikatakan sebuah produk fashion. Saat anda pertama membuka kemasan Beats Studio ini, anda langsung dapat merasakan aroma plastik yang mengesankan. Di dalam paket pembelian anda akan menemukan dua buah kabel, yang satu kabel dengan mikropon sedangkan yang satu lagi tanpa mikropone, kain pembersih, sebuah kabel mikro USB to USB dan sebuah power adaptor, serta sebuah hardcase untuk memudahkan anda membawa Beats Studio ini pada saat bepergian, dan tentunya tidak ketinggalan sebuah Headphone Beats Studio.

Sebagian besar harga yang anda bayarkan untuk membeli Beats Audio ini adalah untuk biaya Desain. Di desain dengan bentuk yang sangat fungsional, headbands berwarna hitam divariasi dengan tulisan berwarna putih. Kabel sendiri terbuat dari material yang berkualitas, tidak mudah kusut, berwarna merah terang, remote kontrol tiga tombol pada kebel dengan mikropon juga sangat responsif dan mudah dijangkau. Namun yang paling menonjol dari cans ini adalah kenyamanannya. Adjustable bands, earcup yang halus, pad terbuat dari kulit yang lembut, dan desain over the ear nya membuat Beats Studio ini bersuara sangat baik. Namun sayang pad nya agak terlalu kecil karena tidak bisa mencakup semua daun telinga kita, kecuali untuk mereka dengan daun telinga yang lebih kecil.

Anda tidak akan dapat mendengarkan musik jika baterai Beats Studio ini habis. Beats Studio ini adalah Headphone dengan Active Noise Canceling (ANC), menggunakan internal baterai rechargeable lithium-ion yang dapat di charge dengan menggunakan kabel USB dan power adaptor standar seperti kebanyakan di pasaran. Yang perlu jadi perhatian adalah apabila anda lupa mematikan headphone ini setelah menggunakannya, maka headphone ini akan terus menyala hingga baterainya habis. Terdapat sebuah tombol kecil terletak di sebelah kiri, tidak hanya berfungsi sebagai tombol on/off, tapi juga berfungsi sebagai tombol ANC yang sayangnya tidak memperlihatkan apakah headphone dalam kondisi on atau off, anda harus mendengarkannya dengan telinga untuk mengetahui apakah headphone ini berada dalam keadaan menyala atau mati, Namun untuk menghindari headphone menyala pada saat tidak digunakan, anda dapat mencabut kabelnya dan headphone ini akan mati dengan sendirinya.






Fitur penting lainnya adalah tombol yang hampir tidak terlihat seperti tombol. Dengan menekan ikon "b" pada earcup kiri, anda telah menggunakan fitur "mute" dan menonaktifkan fitur Noise Canceling. Fitur ini akan sangat berguna saat anda dalam keadaan tiba-tiba hendak mematikan musik anda dan anda tidak perlu melepas Headphone ini dari kepala anda.



Fitur dan Sound Quality -  Meskipun brand dari Beats ini tidak terlalu booming dikalangan pecinta auido, namun built quality dari headphone ini sangatlah kokoh, cukup aman untuk dibawa bepergian. Fitur Noise Canceling juga sangat membantu mengurangi suara-suara bising yang tidak perlu terdengar di telinga kita saat kita mendengarkan musik. Meskipun dari brand nya tercantum kata-kata "studio', namun headphone ini ditujukan kepada penggunaan pribadi, dan bukanlah standar studio. Fitur Noise Canceling nya sendiri bukanlah yang terbaik, meskipun anda mengaktifkan fitur ini, namun masih terdengar rembesan suara bising sekitar, jika dibandingkan pesaingnya, agaknya Beats Studio ini harus mengakui kelemahannya. Sebut saja Bose QC20i dan Audio Technica ANC7b, kedua headphone ini memiliki fitur yang sama pada range harga yang sama, dan keduanya mempunyai fitur noise canceling yang lebih baik. namun untuk anda yang memiliki telinga sensitif, Beats Audio ini sudah lebih dari cukup. Terdapat dua mode ANC, pertama mode auto, yakni pada saat anda mendengarkan musik, ANC default sudah aktif. Namun jika anda ingin memaksimalkan fitur ANC ini ke level yang paling tinggi, maka anda harus terlebih dahulu melepaskan kabel dari cans sebelah kiri (sekarang headphone dalam keadaan off) lalu tekan tombol ANC, dan sekarang anda sedang menggunakan ANC pada level tertinggi. ANC maksimal ini diperlukan saat anda berada di lingkungan yang sangat bising.

Sebelum mengulas tentang kualitas audio, kami biasanya mencoba headphone yang memiliki ANC ini dengan dua cara, pertama mendengarkan musik dengan ANC diaktifkan dan kedua mendengarkan musik dengan ANC dimatikan, namun sayangnya Beats Studio ini tidak memungkinkan kita untuk mendengarkan lagu tanpa mengaktifkan ANC. Jika kita membayangkan berjalan sendiri dimalam hari dengan mendengarkan headphone adalah ide yang buruk, tapi lebih buruk lagi jika kita menggunakan Beats Studio ini, kita tidak akan mengetahui apa saja dan siapa saja yang ada disekita kita, harus ekstra waspada.



Fitur khusus Beats Studio ini adalah ia dapat menyeimbangkan kemampuan ANC dengan kemampuan memproduksi suara, cukup sweet dipendengaran, namun hal ini semakin memperjelas kalau headphone ini bukan untuk keperluan studio. Yang dapat diandalkan dari Beats Studio ini adalah detail yang sangat baik, soundspace yang terasa luas, dan bass yang forward (tentu bagi penyuka bass). Meskipun Beats Studio memiliki bass yang forward, namun suara instrumen lain seperti gitar, biola, seruling dan lainnya dapat disajikan dengan apik. Sedikit catatan dari kami andai saja bass dapat sedikit dikurangi hingga menyamai level midrange dan high. Namun overall, karakter headphone ini masih bisa dibilang Balanced.

Finally, kekurangan headphone ini mungkin hanya fitur ANC nya yang kurang optimal, dan ketidak seimbangan volume antara kiri dan kanan jika didengarkan dalam volume yang sangat tinggi, namun kebanyakan orang tidak akan merasakannya. dan tidak menganggap ini sebagai kekurangan.

Demikian tadi review Beats Studio by DRE with Active Noisse Canceling, semoga berguna sebagai informasi, dan review audio belum bisa dipercaya sebelum kita mendengarkannya dengan telinga kepala kita sendiri. Salam Penikmat Audio.




No comments:

Post a Comment