Wednesday 18 March 2015

Sekilas Tentang DAP FiiO X1

Apa kabar penikmat audio, kembali DigitalOne berbagi informasi seputar audio. Digital Audio Player (DAP) FiiO X1, merupakan DAP yang cukup tersohor dikalangan penghobi portabel audio, karena memiliki kualitas yang baik dengan harga yang terjangkau. Berikut sekilas tentang DAP FiiO X1 seperti yang dipublikasikan oleh situs Headmania.org.


Spesifikasi, Built Quality dan Tampilan



FiiO X1 - Ulasan (8)

Kesan pertama yang dapat kita lihat dari FiiO X1 ini adalah sederhana namun simple dan elegan, terlihat kokoh dalam balutan logam dengan warna yang menyerupai titanium.
Memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan FiiO X5, yang mana akan lebih mudah untuk dimasukkan ke dalam saku, sehingga memiliki tingkat portabilitas yang lebih baik daripada X5. Casing X1 ini terbuat dari logam, kecuali pada cover yang berwarna hitam terbuat dari plastik. Overall Finishing dilakukan dengan sangat baik dan rapi, cukup menyenangkan untuk disentuh.

X1 hanya memiliki output berupa colokan headphone 3,5 mm, tetapi colokan ini dapat juga berfungsi sebagai  line-out, jika dipilih dari menu.
Tombol power terletak di sebelah kiri di atas tombol volume. sayangnya X1 ini tidak memiliki penyimpanan internal, tapi kita dapat menambahkan kartu micro SD (SDXC) hingga 128 Gb, dan itu tentunya sangat cukup bagi kebanyakan pengguna.

Chip DAC yang digunakan dalam X1 adalah salah satu generasi terbaru dari TI, yakni PCM5142, seperti yang digunakan pada DAC/Headamp FiiO E10k.
Headphone amp internal di X1 memiliki kemampuan yang lebih kecil dibandingkan dengan X3 dan X5, jadi jangan berharap banyak pada X1 ini untuk men-drive headphone-headphone yang haus power. X1 ini memiliki power output sebesar 100 mW di 16 ohm, namun masih lebih besar jika dibandingkan kebanyakan DAP, apalagi jika kita bandingkan dengan handphone.

Mendukung semua format yang biasa kita gunakan seperti APE, FLAC, ALAC, WAV, AAC, OGG, MP3, MP2, hingga file musik dengan resolusi 24 bit 192 Khz. X1 ini belum mendukung DSD, namun bukan kekurangan besar mengingat saat ini masih sedikit diantara kita yang menggunakan file DSD.
FiiO X1 - Ulasan (9)
Tes Dengar dan Impressi
Kami menggunakannya FiiO X5 sebagai pembanding dan dengan headphone berikut: Shure SE535 LTD , Focal Spirit Klasik , Audeze LCD-X, Sennheiser HD800 .

Hal pertama yang menarik perhatian kami adalah bass yang sangat punchy dan deep. Suara bass yang dihasilkan X1 ini sangat berbodi dan begitu presence. Begitu pula dengan instrumen, terutama gitar yang sangat fun dan sparky. Overall sangat menyenangkan dan berenergi

Sementara di lagu ini X1 tidak memiliki soundstage yang besar, atau detail sebagaimana yang dimiliki X5, namun cukup membawa emosi kita larut dalam lagu yang kita dengar karena suara yang sangat penuh dan cukup intim. namun demikian X1 masih memiliki cukup detail untuk membuat suara terompet dan gitar menggelitik di telinga kita.

Petikan dan genjrengan gitar dapat disajikan dengan sangat baik dan menyerang ditelinga, memiliki presence dan eksistensi yang bagus. Disini mungkin kita akan lebih memilih X5 dengan soundstage yang lebih luas, ekstensi gitar yang lebih detail, dan separasi instrumen yang lebih baik. Namun, jangan salah, X1 ini sudah cukup menyenangkan dan akan membuat kita terlena. Mungkin beberapa hal yang yang kita lebih dapat menikmati di X1 ini adalah bass yang lebih dalam, suara yang lebih lengkap, dan attack suara  yang lebih baik, terutama pada permaian gitar. Suara terasa lebih lengkap pada X1 dengan presence yang sedikit lebih baik, tetapi tidak pada nada-nada natural.

Bass pada  X1 begitu powerfull, sangat berbodi dan lebih impact dibanding pada X5, tapi kurang di speed, detail dan kurang terkontrol, begitu energik, menarik dan fun. Suara gitar dapat disajikan dengan  baik, namun tetap untuk urusan detail masih belum bisa menyamai X5.

X1 memiliki presence yang lebih baik, tapi kalah pada tekstur dan clarity jika dibanding X5 yang bernyanyi lebih natural. Suara pada X1 sedikit terselubung dibandingkan dengan X5, tapi masih lebih emosional.
FiiO X1 - Ulasan (7)

Ringkasan

Bass
Bass pada FiiO X1 sangat menarik dan funHeavy dan punchy dengan sedikit penekanan pada sub-bass, ditambah dengan sisi mid-bass yang cukup menonjol yang membuat penyajian X1 agak kurang natural. Kontrol dan speed yang belum bisa menyamai X5 tetapi sangat menyenangkan dan menarik.

Mid
Ini adalah salah satu bagian terkuat dari X1. Mid yang sangat kaya dan memberikan emosi lagu. Semua suara tersaji dengan baik yang memberi kesan low yang berbodi.

Treble 
Tidak sebaik yang disajikan pada X5, tapi justru pada beberapa lagu jadi lebih menyenangkan.

Vokal
Meski tidak se-clear X5 namun vokal X1 sangat sweet, karena X1 ini memiliki presence yang lebih baik, membuatnya lebih emosional pada banyak kesempatan.

Detail
Sangat-sangat mumpuni, untuk range harga yang sama, kecuali jika harus diadu dengan X5,

Impact
Impact yang dimiliki X1 ini sangat-sangat berbobot, karena power yang begitu mumpuni dan juga energik. Hal ini yang membuat kami menyukai X1 ini. Bahkan kami berfikir di segmen impact ini X1 bisa mengalahkan x5

X1 vs X5
FiiO X1 - Ulasan (5)
Jika tidak disandingkan dan head to head dengan X5, menurut kami X1 adalah player yang hebat. Memiliki beberapa fitur baik dalam suara dan ergonomi yang kami suka bahkan lebih baik dari pada X5. Hal yang paling jelas adalah dari segi ukuran, X1 jauh lebih kecil dari X5. X1 lebih emosional dengan suara yang full, lebih presence, bass yang lebih punchy dan deep daripada X5. Disini bisa kita fahami bahwa X5 lebih pada sisi naturalitas musik dengan detail yang sangat baik, separasi instrumen yang lebih baik, bass yang lebih cepat dan lebih terkontrol, serta stagging yang lebih luas.
X1 memiliki presentasi yang lebih intim, sedangkan X5 memberi kesan seolah Anda duduk di kursi yang agak jauh dari panggung.
Jika secara teoritis tentu X5 lebih baik dari X1. Diantara kelebihan X5 yakni memiliki daya ampli yang lebih besar. Dengan menggunakan IEM yang sensitif seperti Shure 535 LTD, agaknya dapat mengurangi kesenjangan antara keduanya, dan kita akan kesulitan menentukan mana yang lebih baik. Namun jika secara subjektif kami sedikit lebih tertarik dengan suara yang lebih emosional pada X1 saat menggunakan Shure.
Jika anda pengguna cans dengan power handling yang besar maka X5 adalah pilihan yang tepat, namun jika sekedar menggunakan cans kebanyakan, agaknya cukup bijak jika kita memilih X1.
Cns dengan pwer besar disini katakanlah Focal Spirit Classic, Audeze LCD-X, dan Sennheiser HD800. Namun bukan berarti X1 tak mampu bernyanyi pada Sennheiser HD800 dan LCD-X, hanya saja agak sedikit ngos-ngosan.
Kami sangat menyukai produk ini. Mengapa? Karena memiliki kualitas luar biasa dengan harga yang sangat murah. Cukup sulit mencari pesaing yang dapat menyamai price performance nya. Sayangnya pada pengujian kali ini kami tidak memiliki FiiO X3, mungkin lain waktu.

Kesimpulan
Kekurangan dari produk ini? agaknya cukup sulit kita temukan mengingat harga yang dibanderol

Pro
  • Built Quality cukup bagus dan rapi, terkesan kokoh
  • Ukuran yang lebih portable jika dibandingkan dengan FiiO X5
  • energik dan emosional dalam menyajikan lagu
  • bass yang sangat baik dengan pukulan yang kuat, berbodi dan dapat menyajikan sub bass
  • Impact yang sangat baik
  • Presence suara yang sangat baik
  • Mid yang kaya dan dapat mengirimkan emosi suara penyanyi dengan sangat baik
  • Price performance yang sangat baik

Kontra
  • Kurangnya naturalitas musik, tapi ini mungkin hanya bagi sebagian orang saja

FiiO X1 - Ulasan (6)

Demikian, semoga berguna, ingat semua yang tersaji di atas bersifat subjektif, percayalah hanya pada telingamu sendiri. Salam Penikmat Audio.

No comments:

Post a Comment