Sunday 8 March 2015

IEM Grado IGI

Apa kabar penikmat audio, pada kesempatan kali ini saya kembali akan berbagi tentang seputar dunia audio. Informasi yang saya miliki kali ini adalah tentang sebuah IEM Grado IGI. Ya, produk yang terkenal dari Grado adalah Headphone, sudah tidak diragukan lagi bagaimana kualitas suaranya. Hal ini membuat saya tertarik untuk mengetahui apakah Grado memiliki produk Earphone, dan setelah browsing sana sini, saya menemukan earphone grado yakni IEM Grado IGI. Bagaimana kualitasnya? berikut seperti review yang dipublikasikan oleh Theheadponelist dot com.



Grado IGI adalah IEM pertama Grado yang budget-oriented dari Grado Labs, harga dari amazone untuk saat ini adalah $ 89,00. Grado IGI menggunakan Dynamic Driver, 24 Ohm, 105dB Sensitivity, 20-20.000 Hz Frequensi respon,  3,5 jack dengan belokan 45 derajat dan kabel Y.

Aksesoris - yang disertakan dalam paket penjualan adalah Large bi-flange silikon tips sebanyak 2 pasang.

Built Quality - Housing yang terlihat biasa, hampir mirip dengan yang digunakan pada Vsonic R02Pro-II tapi benar-benar terbuat dari plastik. Terdapat selubung karet yang cukup apik pada bagian belakang housing memanjang ke bawah hingga ke titik masuknya kabel ke housing. Kabel Grado ini sangat fleksibel namun sedikit tipis dan rentan kusut.

Kenyamanan - karena IGI ini menggunakan Double Flange, mungkin akan kurang nyaman jika digunakan oleh mereka yang memiliki lubang telinga kecil, dan alternatifnya mungkin mereka akan menggantinya dengan flange tunggal. Aftermarket Hybrid Tip seperti yang dikeluarkan oleh pabrikan Sony bisa jadi pilihan tepat untuk mengganti tip bawaan IGI ini. Menggunakan IGI ini bisa jadi cukup rumit bagi mereka yang pertama kali menggunakan kabel panjang dengan permukaan karet (rubber). Namun kabel nan tipis dan elastis agaknya menjadi kompensasi atas kerumitan ini.

Sound - Reasonably Price membuat IEM ini sangat menarik bagi penggemar brand "Grado". Namun setelah pemakaian beberapa bulan dan saya coba bandingkan dengan Grado SR60, cukup terasa kalau suara IEM ini tidak seenak dan senyaman SR60, terasa agak menyakitkan ditelinga, jika anda mengharapkan IEM ini semerdu RS60, bisa dijamin anda akan kecewa. Tapi mengingat harga yang cukup murah untuk brand Grado, IEM ini sudah sangat baik.

Sektor Bass terasa tight dan gesit, dengan sedikit rumble  tapi kaya akan impact. Sub bass yang bagus tapi yang paling bagus adalah di mid dan upper bass. Transisi antara low ke mid-low yang eksis ditambah mid-low yang smooth dan natural. Clarity dan detail yang baik untuk IEM di range yang sama, dan IGI ini dapat menghasilkan suara dengan space yang luas. IGI menawarkan soundstage yang impressive namun dengan depth yang berasa sangat biasa, sehingga IGI ini menghasilkan suara yang luas namun separasi yang pas-pasan.

Upper Midrange adalah kelemahan yang saya rasakan dari IEM ini, meskipun sudah di burn-in cukup lama, kurang lebih 100 jam, tentunya dengan set-up yang biasa saya gunakan, harsh dan sibilant dari IEM masih tetap mengganggu di telinga saya. Hal ini menurut saya kurang bisa ditoleransi terutama. Bagi mereka penyuka karakter warm, bisa jadi akan sangat tidak suka dengan karakter IEM ini. Terdapat beberapa lonjakan yang sangat terasa dalam mid frekuensi yang berpengaruh negatif pada reproduksi suara sebagian instrumen dan vokal. Ditambah lonjakan frekuensi di upper-midrange yang mengakibatkan suara snare drum terdengar sangat menusuk. Treble yang sangat solid di sekitar 10KHz membuat suara simbal pada beberapa lagu juga terasa menusuk. Semua ini terasa bertolak belakang dengan promosi yang mengklaim IGI adalah IEM dengan 'Ultra smooth top end". As a result, IGI ini tidak akan cocok dengan rock dan metal, genre musik yang menjadi andalan produk Grado. IGI ini bersuara sangat baik jika memainkan musik trance dan electronica, genre vokal dengan instrumen yang minimal dan cenderung menonjolkan bass yang kuat serta clarity secara keseluruhan. Satu lagi catatan dari IGI ini adalah sensitif dengan source, bersuara jelek jika source jelek, yah bisa jadi ini ciri cans yang baik, dapat bersuara "jujur".

Value - Grado IGI adalah upaya pertama pabrikan Headphone Grado bermain pada low end IEM, yang sayangnya memiliki built quality yang kurang, tingkat kenyamanan dan isolasi yang biasa-biasa saja, dan tidak adanya microphone akan membuat kita berfikir dua kali untuk mengeluarkan uang senilai $89. Namun dengan sound quality dan berbekal Brand image Grado, IGI merupakan kompetitor yang tidak bisa dianggap remeh dikelasnya. Sayangnya sektor upper-midrange yang kurang terkontrol serta lower-treble yang terasa kurang, membuat IEM ini terdengar agak harsh dan sibilant, namun hal ini masih bisa tertutupi dengan clarity, detail dan bass yang sangat mumpuni. Dan satu lagi kekurangan IEM ini, jika kita menggunakannya dalam waktu yang cukup lama - lebih dari satu jam, kita akan merasakan kelelahan (ear-fatique) ditelinga kita.

Jika kita bisa simpulkan, kelebihan yang dimiliki IGI ini adalah kontrol bass yang baik, Sounstage yang luas, dan detail suara yang mumpuni. Sedangkan kekurangan dari IEM ini adalah built quality yang terlihat biasa-biasa saja, kabel yang rawan kusut, tip yang kurang bagus, kemampuan isolasi kebisingan yang pas-pasan, harsh dan sibilant yang cukup mengganggu di upper-mid dan lower treble.

Demikian tadi sedikit gambaran mengenai IEM IGI dari Grado seperti yang dipublikasikan oleh situs theheadponelist dot com, namun ini hanyalah sebuah review, nilai mutlak sebuah music device/cans terletak pada telinga masing-masing, jadi tak perlu memberi penilaian terhadap suatu produk jika kita belum pernah mendengarkannya langsung dengan telinga sendiri, hehe. Salam Penikmat Audio 








1 comment:

  1. dijaben harganya usd 119. coba ada yang jual dibawah 1000k

    ReplyDelete